Tips Bagi Ibu Hamil saat Fase Pembukaan 1 Sampai 10

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita yang sedang menunggu kelahiran bayi pasti akan merasa cemas.  Tidak dipungkiri jika proses melahirkan akan mempengaruhi fisik dan psikologis wanita. Lantas apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi fase pembukaan sebelum melahirkan? Ikuti tips berikut ini!

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 1

Pada fase ini ibu boleh pulang atau berjalan-jalan. Jangan cemas, tetap rileks dan berfikir positif mengenai takdir kehidupan. Ibu juga boleh beraktifitas seperti biasa, khususnya berjalan. Tujuannya agar kepala bayi segera turun, sekaligus pembukaan menjadi lebih cepat.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 2

Pada pembukaan 2, ibu harus tetap tenang. Ketenangan bisa diperoleh dengan cara melakukan nafas perut. Caranya tarik nafas, kembungkan perut, kemudian buang nafas. Berpikir positif juga tetap dipertahankan dalam fase ini.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 3

Bukaan 3 biasanya ditandai dengan kontraksi yang semakin sering dirasakan. Ibu hamil harus mempertahankan agar posisi punggung tetap tegak, baik saat berdiri atau duduk. Tujuannya supaya kepala bayi selalu berada pada bagain leher rahim, sehingga kontraksi semakin efektif.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 4

Pada tahap ini ibu semakin mendekati fase melahirkan. Jika pembukaan 4 namun ketuban belum pecah, ibu dianjurkan melakukan banyak jalan. Misalnya berjalan-jalan keliling rumah sakit atau hanya di sekitar ruang bersalin.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 5

Pada bukaan 5, posisi janin bisa saja melintang dari pinggul menuju rongga panggul. Pada kondisi ini ibu bisa tidur miring ke kiri. Biasanya ketika memasuki pembukaan 5, ibu sudah tidak kuat untuk berjalan-jalan. Alhasil sebaiknya tidur saja, sekaligus mengumpulkan tenaga untuk menghadapi persalinan.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 6

Pada kondisi ini ibu akan mengalami kontraksi, antara 3 hingga 5 menit sekali. Ibu dapat mengalihkan rasa nyeri dengan hal-hal yang positif. Misalnya berzikir, berdoa, membaca buku, menikmati aroma terapi atau hal lain yang positif. Tujuannya untuk mengatasi rasa nyeri yang semakin hebat.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 7

Pembukaan 7 biasanya posisi kepala bayi telah berada di bibir rahim. Lakukan teknik pernafasan dengan baik, karena biasanya saat persalinan ibu sulit mengatur nafas.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 8

Ibu pada proses bukaan 8 akan mengalami tekanan pada bawah punggung. Hal itu terjadi karena posisi kepala bayi semakin keluar di bibir rahim. Ibu tetap atur nafas dengan baik, sekaligus jangan panik. Pasalnya rasa cemas, takut atau tegang dapat memicu peningkatan rasa nyeri.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 9

Pada bukaan 9 kepala bayi sudah mulai kelihatan, sekaligus momen inilah ibu akan mengalami rasa sakit yang besar. Atur nafas dan mulailah untuk mengejan. Berdoalah dalam hati agar proses persalian berjalan lancar.

Tips untuk ibu hamil saat fase bukaan 10

Pada fase ini kekuatan harus terus diupayakan oleh ibu hamil untuk mengejan. Lakukan mengejan sesuai dengan petunjuk dokter yang membantu proses kelahiran. Pasalnya jika ibu salah mengejan, maka bisa menimbulkan resiko pada bayi. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY