Tips Memanfaatkan Cuti Hamil Bagi Ibu Bekerja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi setiap calon Ibu, kehamilan dan saat menantikan bayi lahir adalah hal yang sangat membahagiakan sekaligus menegangkan. Pada saat inilah banyak terjadi perubahan besar, seperti perubahan fisik, kondisi psikologis maupun keseharian dan interaksi dengan lingkungan. Apalagi untuk calon Ibu yang juga bekerja. Banyak perubahan yang akan dirasakan. Contohnya, bila dulu Ibu dapat bebas mengatur jadwal bertemu dengan teman-teman, pulang lebih sore karena mengejar target kerjaan, maka kini Ibu harus mempertimbangkan kondisi Ibu hamil yang tidak boleh terlalu kelelahan. Ibu yang bekerja harus mempersiapkan diri dengan ritme yang berbeda. Untuk Ibu yang bekerja, akan sangat merasakan perubahan dalam rutinitas kerjanya, terutama saat mengambil cuti hamil.

Biasanya, Ibu yang bekerja akan merasakan bosan ketika mengambil cuti hamil. Ketika sehari-hari bekerja dan kemudian berdiam diri di rumah saja, sudah pasti adalah hal yang membosankan. Daripada bosan dan bingung, berikut tips untuk Anda yang bekerja dalam memanfaatkan cuti hamil.

  1. Olahraga

Momen ketika cuti hamil sangat tepat digunakan untuk olahraga, seperti rutin yoga, berenang, senam hamil, atau kelas hipnoterapi. Aktivitas ini sangat baik untuk ibu hamil dalam melatih olah pernapasan. Selain dapat memperlancar persalinan, olahraga juga terbukti mempercepat pemulihan Ibu dan kembali ke kondisi semula setelah persalinan. Apalagi ketika menjelang trimester ketiga, melakukan olahraga bisa membantu tubuh agar tetap bugar dan membuat Ibu lebih siap menjalani proses persalinan.

  1. Lakukan Hal Menyenangkan

Manfaatkanlah waktu cuti hamil untuk melakukan hal yang istimewa yaitu bersenang-senang dengan suami, teman atau memanjakan diri sendiri. Karena kalau nanti si kecil sudah lahir, Ibu akan kesusahan mencari me-time. Lakukanlah hal menyenangkan seperti ke salon, membaca buku, menonton film favorit, memasak makanan kesukaan, dan browsing liburan bersama suami dan si kecil nantinya. Intinya lakukan apapun yang membuat diri Anda senang.

  1. Check Up Kesehatan dan Kehamilan

Memeriksakan kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan merupakan hal yang penting dan jangan sampai terlupa. Periksakanlah kesehatan Anda pada dokter kandungan untuk memastikan kondisi bayi di dalam kandungan baik-baik saja.

  1. Siapkan Persiapan Untuk Si Kecil

Isilah waktu luang pada saat cuti hamil untuk mempersiapkan segala persiapan si kecil. Siapkanlah kamar tidur bayi dengan segala perlengkapannya, seperti tempat tidur, baju bayi, perlengkapan mandi, baby bouncer, stroller, dan masih banyak lagi. Rajinlah browsing di internet untuk mengetahui perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk si kecil.

  1. Pemeriksaan ANC (AnteNatal Care)

Pemeriksaan ANC adalah pemeriksaan kehamilan untuk mengoptimalkan kesehatan mental dan fisik Ibu hamil, sehingga mampu menghadapi persalinan, masa nifas, persiapan pemberian ASI dan kembalinya kesehatan reproduksi secara wajar (Manuaba, 2008). Tujuan ANC ini adalah memantau kemajuan kehamilan untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin, meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik, maternal dan sosial ibu dan bayi, mengenal secara dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi selama hamil, termasuk riwayat penyakit secara umum, kebidanan dan pembedahan. Untuk mendapatkan pelayanan ANC dapat dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas Pembantu, Puskesmas, Rumah sakit maupun di klinik dokter praktek swasta atau di bidan. Pelayanan ANC ibu hamil dapat dibantu oleh tenaga kesehatan seperti dokter spesialis ginekologi, dokter, perawat dan bidan (Depkes RI, 2001). (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here