Tips Menambah Berat Badan Anak dengan Mudah dan Sehat

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Persoalan gizi anak bukan hanya sebatas kelebihan berat badan atau obesitas. Tubuh anak yang di bawah normal juga bisa menjadi permasalahan. Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa menambah berat badan anak dengan mudah dan sehat?

Anak kurus atau memiliki berat badan di bawan normal bisa menjadi salah satu pertanda adanya permasalahan dalam asupan gizi, kesehatan hingga komplikasi emosional yang terjadi pada anak. Hal ini biasanya akan diketahui dengan cara mengukur indeks massa tubuh (IMT), yakni mengukur perbandingan tinggi dan berat badan si kecil. Jika buah hati Anda ternyata termasuk kurus dan Anda ingin menambah berat badannya dengan mudah dan sehat, berikut adalah tipsnya:

  • Makan teratur

Atur pola makan. Hindari makan tak teratur. Melewatkan waktu makan akan menghilangkan kesempatan si kecil mendapat asupan kalori yang cukup untuk beraktivitas seharian. Biasakan makan tiga kali sehari dengan dua kali makan selingan di antara jam makan yang normal.

  • Porsi lebih besar

Anda bisa menambah porsi makan si kecil, misalnya dua porsi roti lapis dibandingkan biasanya hanya memberi satu tangkup atau sediakan susu dalam gelas yang lebih besar.

  • Sajikan makanan berkalori tinggi

Menambah asupan lemak sehat pada menu makan si kecil adalah cara cepat dan mudah untuk meningkatkan kalori. Satu gram lemak mengandung lebih banyak kalori dibandingkan sumber gizi lainnya. Minyak zaitun dan mentega, contohnya, bisa digunakan sebagai bahan memasak makanan si kecil. Anda juga dapat memberikan saus krim atau keju leleh pada nasi, pasta, atau sayur-sayuran sebagai cara menambah kalori pada menu makanan anak Anda.

  • Hindari makanan cepat saji

Jika ingin anak Anda bertambah berat badannya dan sehat, maka harus mengonsumsi makanan yang sehat pula. Hal ini tidak akan Anda temui pada makanan cepat saji (junk food). Makanan cepat saji mengandung kadar garam, gula, dan lemak jenuh yang tinggi. Selain itu, junk food cenderung memiliki kalori kosong. Jadi, kalaupun berat badannya bertambah, tapi tubuhnya tidak sehat dan cenderung berat badannya berlebih. Anda juga akan hanya menemui lemak jenuh pada junk food. Padahal, tubuh memerlukan tiga jenis lemak, yaitu lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda.

  • Olahraga ringan

Ajak anak Anda untuk berolah raga ringan dengan rutin. Angkat beban dan push-up, misalnya, akan merangsang pertumbuhan otot sehingga anak Anda akan tumbuh besar, bukan bertambah gemuk. Olahraga juga akan menstimulasi nafsu makan mereka. Selain itu, berolah raga membuat haus. Sediakan jus buah segar dan minuman berkalori tinggi lainnya sebagai pelepas dahaga mereka selepas berolah raga. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY