Tips Mendaki Gunung untuk Para Pemula

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tak hanya pecinta alam, belakangan ini mendaki gunung juga digandrungi kalangan muda, seperti pelajar dan mahasiswa. Sayangnya, banyak dari mereka yang coba-coba mendaki gunung tanpa persiapan yang matang sehingga mereka kewalahan di tengah pendakian dan tidak bisa mencapai puncak. Ya, mendaki gunung tidak bisa dianggap enteng. Persiapan fisik dan mental yang matang adalah keharusan. Untuk Anda pendaki pemula, berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai pendakian:

Pelajari lokasi pendakian

Mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai medan gunung yang akan didaki sangatlah penting. Jalur pendakian setiap gunung tidak selalu sama dan tak semua gunung memiliki sumber air yang bisa diminum. Anda bisa menggali informasi mengenai lokasi pendakian dari internet dan teman yang sudah berpengalaman naik gunung. Untuk yang sama sekali belum pernah naik gunung, pendakian pertama bisa sebaiknya dimulai dari gunung yang tidak terlalu tinggi, di bawah 2.000 mdpl. Sebelum mendaki, pastikan Anda sudah mengantongi izin dari petugas dan mendakilah lewat jalur resmi.

Persiapan fisik

Jalanan yang menanjak, udara dingin, dan kadar oksigen yang menipis adalah rintangan-rintangan yang harus dihadapi ketika mendaki gunung. Fisik yang fit adalah kunci penting untuk bisa sampai ke puncak gunung yang Anda daki. Karena itu, berolahragalah secara teratur beberapa minggu sebelum hari pendakian. Ini penting untuk menguatkan otot-otot dan pernapasan. Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan adalah renang, lari, push-up, sit-up, dan pull-up. Jaga juga asupan makanan dan istirahat yang cukup agar sistem daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Bekal makanan yang sehat dan tepat

Membawa bekal makanan adalah keharusan. Pilih juga makanan yang menyumbang nutrisi dan energi bagi tubuh. Ketimbang mie instan, lebih baik membawa oatmeal, ubi, kurma, madu, coklat, roti gandum, sereal bar, dan biskuit gandum. Untuk menghangatkan badan, lebih baik wedang daripada bir. Bawa pula air putih yang cukup. Dan bila perlu, Anda bisa mengonsumsi larutan oralit untuk mengisi kembali ion tubuh yang hilang selama pendakian.

Bawa peralatan yang lengkap

Pakailah tas carrier untuk membawa semua peralatan yang dibutuhkan selama pendakian. Tas jenis ini dirancang khusus untuk mendaki gunung dan dapat meminimalisir nyeri punggung. Kapasitas tas bisa disesuaikan dengan lama perjalanan. Memakai sepatu khusus trekking dan jaket windbreaker juga sama pentingnya. Pastikan Anda juga membawa jas hujan, senter, kompas, peluit, pisau lipat, dan perlengkapan P3K. Kalau berencana camping di gunung, jangan lupa untuk membawa matras, tenda, dan sleeping bag. Jika ingin membawa alat masak, pilihlah alat masak portabel yang ringan dan mudah pengoperasiannya.

Tidak mendaki sendirian

Mendaki gunung sendirian, apalagi pemula, sangatlah berbahaya. Ajaklah teman atau keluarga yang sudah punya pengalaman naik gunung. Mereka dapat mengajarkan bagiamana cara mengemas tas gunung, memasang tenda, beretika ketika mendaki gunung, dan lain sebagainya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY