Penanganan atau Pengobatan Kanker Otak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker otak merupakan jenis penyakit yang berakibat fatal jika memang tidak langsung ditangani segera. Penyakit ini dapat terjadi pada siapapun termasuk anak-anak sampai orang dewasa bahkan tidak mempengaruhi jenis kelamin bisa menyerang prempuan maupun laki-laki. Menurut data dari WHO tahun 2012 terdapat kira-kira 4900 kasus kanker otak yang terjadi di Indonesia. Oleh sebab itu pentingnya bagi kita untuk mengetahui cara penecegahannya, seperti pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang pencegahan kanker otak dan gejalanya. Oleh sebab itu penting juga untuk kita bahas tentang bagaimana cara pengobatannya? Sebelum semuanya terlambat penting bagi anda mengetahui pengobatan yang harus dilakukan terhadap penyakit yang  fatal ini.

Baca Juga : Penderita Kanker Otak di Indonesia

Penderita kanker otak biasanya membutuhkan suatu tindakan pembedahan untuk mengangkat tumor. Sisa jaringan tumor yang masih ada ditangani dengan tindakan kemoterapi, radioterapi atau gabungan dari keduanya. Setelah dilakukan suatu penanganan kanker otak bisa kembali muncul ketika hal ini terjadi prosedur yang digunakan yaitu seperti :

  1. Penanganan terhadap kanker otak primer

Akan dilakukan suatu pembedahan tujuan pembedahan ini untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin yang ada didalam otak tanpa merusak jaringan disekitarnya. Untuk melihat otak dan tumor didalamnya sebagian dari tengkorak akan dibuka. Hal ini dikenal dengan sebutan proses kraniotomi. Setelah itu, dokter spesialis bedah otak juga akan mengangkat semua tumornya. Selain pebedahan dokter juga akan memberikan anda suatu terapi photodynamic. Dalam terapi ini, obat yang sensitif terhadap cahaya yang akan dimasukan kedalam pembuluh darah dan akan diserap sel kanker yang masih tersisa. Saat sinar diarahkan pada sel kanker obat ini akan aktif membunuh sel-sel kanker tersebut. Untuk memastikan tumor tidak kembalisetelah dioperasi akan dilakukan radioterapi atau kemoterapi dan gabungannya.

  1. Penanganan terhadap kanker otak sekunder

Pengertian mengenai tumor sekunder adalah tumor yang telah menyebar kebagian-bagian tubuh yang lainnya dan telah terindikasi sebagai kondisi tumor yang serius. Dalam kondisi ini anda perlu melakukan perawatan lanjut hanya utuk memperpanjang dan mengendalikan tumor tersebut. Perawatan yang anda dapat lakukan seperti obat penghilang rasa sakit, untuk meringankan sakita kepala. Obat anti mual juga dapat membantu untuk meredahkan gejala mual yang anda alami yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan didalam kerangka kepala. Obat kortikosteroid nah obat ini dapat anda gunakan untuk mengurangi pembengkakan dan tekanan pada otak. Obat obatan antikonvulsan ini yang akan mencegah anda kejang-kejang epilepsi.

Baca Juga : Pemicu Munculnya Kanker Otak

Anda juga dapat melakukan kemoterapi dan radioterapi sebagai perawatan yang palatif yang menjadi alternatif nada agar tidak untuk menjalankan perawatan kanker. Perawatan ini bertujuan untuk mengendalikan gejala-gejala akibat kanker yang memuat penderitanya merasakan lebih nyaman. Jika anda memilih perawatan palatif ini anda hanya akan memdapatkan efek samping dari perawatan tanpa menghilangkan tumor. Dan anda konsultasikan ke dokter agar anda paham dan mengerti apa yang akan terjadi jika anda tidak ingin melakukan perawatan tesebut. (NLT)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here