Tips untuk Ajari Anak Berpuasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meski menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim, tapi puasa di bulan Ramadan memiliki batasan siapa saja yang sudah mulai wajib menjalankan puasa. Dan bagi anak yang belum baligh (menstruasi untuk anak perempuan dan mimpi basah untuk anak laki-laki) maka tidak diwajibkan untuk berpuasa.

Tapi, mengajarkan anak untuk puasa sedini mungkin juga tidak ada salahnya. Mengajari anak berpuasa sejak dini juga berguna untuk melatih dan membiasakan diri mereka, agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan benar ketika sudah baligh.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengajari anak Anda berpuasa selama bulan Ramadan, seperti :

  1. Bercerita tentang puasa

Setiap anak pasti suka cerita. Anda dan pasangan bisa mengarang cerita yang menarik tentang puasa untuk anak Anda. Ceritakan arti, makna dan manfaat dari berpuasa. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka. Cerita ini bisa disampaikan sebagai ganti dongeng sebelum tidur.

Usahakan cerita yang Anda sampaikan benar-benar menggambarkan puasa yang menyenangkan, supaya anak Anda dapat membayangkannya. Berikan pemahaman ini sebelum memasuki bulan Ramadan, agar saat bulan Ramadan tiba anak Anda sudah memiliki gambaran apa itu puasa.

  1. Beri contoh pada anak

Pada usia yang masih sangat muda, anak akan dengan mudah meniru perilaku orang yang ada disekitarnya. Rasa penasaran anak juga masih sangat tinggi. Maka, dengan Anda mencontohkan anak Anda cara berpuasa, mereka akan lebih mudah melakukannya. Anak juga akan merasa penasaran bagaimana rasanya jika tidak makan dan tidak minum seperti ayah dan ibu mereka.

  1. Jangan memaksa

Saat anak mulai mau mencoba berpuasa, jangan paksa ia puasa sama seperti waktu berpuasa orang dewasa. Saat anak Anda mulai rewel dan mengeluh lapar atau haus Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan mengajakanya bermain. Tapi, jika anak Anda masih ingin makan atau minum, biarkan saja. Cukup beberapa jam bagi mereka untuk menahan lapar dan haus. Yang penting adalah anak bisa mengenal apa itu puasa.

  1. Beri kesan bahwa puasa itu menyenangkan

Membuat suasana menyenangkan saat berpuasa juga bisa menjadi cara mengajarkan anak untuk berpuasa. Dengan melihat Anda dan pasangan tetap semangat dan segar selama berpuasa, anak akan ikut bersemangat dalam berpuasa. Ajak anak untuk mengisi waktu dengan bermain, menyiapkan makanan untuk berbuka dan kegiatan bersama lainnya.

  1. Beri apresiasi pada anak

Apresiasi yang Anda berikan untuk anak Anda juga akan menambah semangatnya. Beri pujian pada setiap sikap baiknya selama berpuasa. Walaupun belum berpuasa satu hari penuh, tetap apresiasi usaha anak yang mau berpuasa.

Apresiasi juga tindakannya saat membantu Anda menyiapkan makanan untuk berbuka dan ketika ia mau bangun untuk sahur. Jangan beri anak Anda hadiah sebagai penghargaan ia mau berpuasa. Karena dengan memberinya hadiah, kesenangan berpuasa anak Anda akan berganti menjadi kesenangan mendapat hadiah.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here