Tips untuk Perempuan Sebelum Mendaki Gunung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mendaki gunung belakangan jadi tren traveling berbagai kalangan. Para remaja perempuan yang bukan pecinta alam pun banyak yang tertarik untuk mencobanya. Namun, mendaki gunung bukan perkara mudah, terutama untuk yang belum punya pengalaman mendaki gunung. Apalagi untuk perempuan, segalanya harus dipersiapkan dengan matang. Berikut adalah beberapa tips untuk remaja perempuan yang ingin melakukan pendakian:

Persiapan fisik

Hal yang sangat penting dilakukan beberapa minggu sebelum naik gunung adalah olahraga. Lakukan olahraga minimal seminggu sebelum keberangkatan agar kondisi fisik saat mendaki tidak cepat lelah dan napas menjadi lebih teratur saat di ketinggian. Olahraga yang bisa dilakukan antara lain lari, push-up, pull-up, sit-up, back-up, dan renang.

Bawa carrier

Berbeda dengan tas punggung biasa, carrier dirancang dengan bantalan dan strap khusus guna meminimalkan risiko cedera punggung. Untuk perempuan, pilihlah carrier berlabel women series. Carrier jenis ini dibuat menyesuaikan bentuk tubuh wanita sehingga akan lebih daripada carrier biasa.

Sleeping bag

Udara di gunung bisa sangat ekstrim. Karenanya, wajib membawa sleeping bag untuk menjaga tubuh tetap hangat selama di gunung.

Sepatu gunung

Saat mendaki ataupun turun gunung, kaki benar-benar harus dilindungi karena merupakan bagian tubuh yang bekerja ekstra menahan beban. Karenanya, pakailah sepatu trekking. Sepatu ini dirancang tinggi sehingga dapat melindungi mata kaki, tahan air, dan anti slip.

Pakaian khusus

Sekarang ini, Anda tidak sulit menemukan baju quick dry di pasaran yang dirancang tipis, ringan dan cepat kering. Dengan mengenakan baju quick dry, ketika baju basah terkena hujan atau keringat, cukup diangin-anginkan sebentar dan keesokan harinya sudah bisa dipakai kembali. Selain itu, bawa juga jaket windbreaker yang tahan air dan dapat menjaga tubuh tetap hangat dari cuaca gunung di malam hari.

Lindungi diri dari matahari

Semakin tinggi suatu tempat, risiko kulit terbakar matahari semakin meningkat. Pakailah sunblock yang memiliki setidaknya SPF 30 untuk mengantisipasi kulit terbakar saat pendakian. Untuk perlindungan maksimal, kenakan baju dan celana panjang. Jangan lupa juga bawa kacamata hitam agar mata terlindung dari debu.

Jaga asupan makanan

Mie instan memang praktis untuk dibawa saat mendaki gunung. Mendaki gunung butuh banyak energi, dan mie instan hanya akan menyediakan energi untuk waktu yang sebentar. Beralihlah ke bahan makanan lebih sehat, seperti oatmeal, ubi, kurma, madu, coklat, sereal bar, dan biskuit gandum.

Obat-obatan

Meskipun kondisi badan sebelum mendaki baik-baik saja, tetap penting untuk membawa stok obat-obatan. Diantaranya P3K, koyo, kayu putih, vitamin C, dan obat sakit kepala.

Lain-lain

Selalu bawa jas hujan untuk antisipasi hujan di tengah pendakian. Selain itu, bawa pula tisu basah dan tisu kering untuk keperluan bersih-bersih. Setelah mendaki, badan akan penuh keringat. Bawalah deodoran untuk kenyamanan agar teman pendaki lain juga tidak terganggu oleh bau badan kita yang tak sedap. Jika tanggal pendakian mendekati tanggal biasa menstruasi, bawalah pembalut dan obat pereda nyeri menstruasi. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here