Trik Mengatasi Anak Menangis di Tempat Umum

0
7
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap orangtua pasti pernah menghadapi situasi ketika buah hatinya menangis di tempat umum. Mungkin saja ketika itu orangtua merasa kewalahan dan bingung, bagaimana cara megatasinya. Terlebih dengan perhatian orang-orang yang ada di sekitar, semakin membuat anak panik dan tambah menangis kencang.

Anak yang menangis di ruang publik, sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara. Misalnya saja dengan memberikannya mainan, makanan atau sesuatu yang dapat mengalihkan perhatiannya. Secara lebih lengkap, berikut ini cara mengatasi anak yang menangis di tempat umum.

Orangtua harus memastikan anak cukup makan dan istirahat

Orangtua sebelum mengajak buah hatinya pergi, maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan perut anak tidak dalam keadaan kosong. Selain itu istirahat anak juga perlu dicukupi. Dengan makanan dan istrirahat yang cukup, akan membuat anak tidak rewel selama di perjalanan.

Orangtua bisa membawa peralatan yang dibutuhkan anak

Orangtua jika ingin bepergian ke tempat umum bersama buah hatinya, maka jangan lupa untuk membawa berbagai perlengkapan yang dibutuhkan anak. Misalnya saja membawa popok, tisu, susu, hingga baju ganti. Siapkan peralatan tersebut dari rumah, sehingga tidak kebingungan saat barang-barang itu dibutuhkan anak di tempat umum.

Orangtua bisa menuruti kemauan anak, selama masih dalam batas kewajaran

Orangtua bisa mencegah anak agar tidak menangis di tempat umum, dengan menuruti kemauannya. Selagi kemauan anak masih dalam batas kewajaran dan bisa dilakukan, maka turutilah. Dengan demikian anak akan berhenti menangis, karena keinginannya dituruti.

Orangtua bisa membawa mainan yang digemari anak

Memberikan mainan merupakan salah satu strategi orangtua untuk mengatasi anak ketika menangis di tempat umum. Bawalah beberapa mainan yang menjadi favofit anak ketika bepergian ke luar rumah. Dengan mainan tersebut, anak merasa mempunyai teman. Selain itu mainan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengalihkan perhatiannya ketika menangis.

Orangtua bisa memmawa properti tambahan lainnya

Orangtua bisa membawa properti tambahan seperti buku cerita, bantal kecil, atau tempat makan yang biasa digunakan di rumah. Hal tersebut dilakukan supaya anak memiliki perasaan sedang berada di rumah. Dengan meletakkan barang yang biasa digunakan anak, maka akan membuatnya lebih tenang sehingga berhenti mengangis.

Orangtua jangan menghabiskan waktu yang lama di tempat umum

Orangtua ketika membawa anak berpergian, maka usahakan untuk tidak berlama-lama di tempat tersebut. Anak mungkin saja menangis karena sudah kelelahan atau merasa bosan akibat terlalu lama di jalan. Atur waktu sedemikian rupa, sehingga anak tetap merasa senang selama di perjalanan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan guna mengatasi anak yang menangis ketika berpergian di tempat umum. Namun apabila anak masih juga menangis, maka periksalah secara lebih teliti. Mungkin saja anak sedang sakit, sehingga terus menangis. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY