Usia Ideal Wanita Hamil dan Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan suatu proses fisiologi yang hampir selalu terjadi pada setiap wanita. Setiap wanita yang sudah menikah mendambakan seorang anak dengan masa kehamilan dan proses melahirkan yang normal.

Umur merupakan resiko tinggi dalam kesehatan terutama dalam kehamilan dan persalinan. Umur kehamilan dengan reproduksi sehat yaitu antara lain antara 20 – 35 tahun, apabila kurang dari 20 tahun dan lebih dari 35 tahun akan memiliki resiko kematian 2-4 x dibandingkan dengan umur reproduksi.

Wanita pada usia  20 – 35 tahun resiko gangguan kesehatan ibu hamil sekitar 15 % karena di usia tersebut perkembangan kematangan reproduksi, emosional, dan aspek sosial mereka lebih siap. Pada umumnya usia ini dikatakan usia ideal untuk ibu hamil dan melahirkan dan untuk menekan resiko gangguan kesehatan ibu dan janin. Seorang ahli mengatakan puncak kesuburan pada wanita yaitu di usia 24 tahun dan usia selanjutnya masih bisa hamil akan tetapi mengalami penurunan kesuburan.

Kehamilan di usia kurang <20 tahun salah satu resiko seks pranikah atau mengarah kepada seks bebas. Kehamilan dan melahirkan di usia <20 tahun dapat menimbulkan masalah karena pertumbuhan tubuhnya belum sempurna, kurang siap dalam sosial ekonomi, kesulitan dalam persalinan, atau belum siap melaksanakan peran sebagai ibu. sedangkan apabila seorang wanita hamil dan melahirkan di usia > 35 tahun ovum atau sel telur yang dimiliki wanita sudah tidak subur. Jumlah sel telur wanita semakin lama semakin menurun.

Dampak yang timbul apabila seorang wanita hamil di usia <20 tahun atau >35 tahun, diantaranya sebagai berikut :

  1. Keguguran atau kematian saat melahirkan

Resiko keguguran lebih tinggi apabila hamil di usia <20 tahun karena sistem reproduksi yang belum sempurna mengakibatkan resiko keguguran. Sedangkan resiko keguguran hamil di usia >35 tahun di pengaruhi karena sel telur yang dimiliki wanita tersebut tidak sesubur di usia sebelumnya.

  1. Resiko mengalami diabetes gestasional dan hipertensi gestasional

Diabetes pada saat kehamilan di sebabkan karena perubahan hormon pada masa hamil. Sedangkan hipertensi gestasional merupakan hipertensi yang terjadi selama kehamilan atau usia kehamilan > 20 minggu. Hipertensi gestasional dapat mengurangi suplai darah ke plasenta, sehingga menimbulkan resiko terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin serta kondisi ibu

  1. Mempengaruhi psikologi ibu

Hamil di usia <20 tahun atau >35 tahun dapat mempengaruhi psikologi ibu. salah satunya ibu merasa cemas atau khawatir mengalami komplikasi pada kehamilan, merasa khawatir tidak bisa melahirkan secara normal. Dukungan keluarga bisa menekan resiko terhadap psikologi ibu.

  1. Resiko terhadap janin

Bayi prematur atau berat badan lahir rendah (BBLR) salah satu resiko yang bisa timbul apabila hamil atau melahirkan di usia <20 tahun  atau >35 tahun. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here