Gejala dan Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ejakulasi dini menjadi salah satu persoalan seksual yang biasa dialami oleh pria. Ejakulasi dini apabila hanya terjadi sekali-kali, bukanlah suatu masalah yang besar. Namun jika ejakulasi dini terus berulang-ulang ketika seorang pria melakukan hubungan seksual, maka itu merupakan sebuah persoalan yang sangat penting.

Tidak dipungkiri jika pria masih merasa malu untuk menceritakan masalah terkait ejakulasi dini kepada siapa pun, termasuk ahli medis. Padahal ejakulasi dini adalah salah satu penyakit seksual yang dapat disembuhkan, apabila menjalani pengobatan rutin.

Gejala-gejala ejakulasi dini pada pria

Secara umum ejakulasi diklasifikasikan menjadi dua hal, yakni ejakulasi dini primer dan ejakulasi dini sekunder. Lantas bagaimana perbedaan gejala ejakulasi dini primer dengan ejakulasi dini sekunder pada pria?

  1. Gejala ejakulasi dini primer.
  • Pria akan mengalami ejakulasi hampir selalu dalam satu menit atau kurang, ketika penetrasi dilakukan.
  • Pria mengalami ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi, saat ataupun ketika penetrasi baru saja dilakukan.
  • Pria akan mengalami konsekuensi negatif seperti frustasi, stres, hingga enggan berhubungan seksual.
  1. Gejala ejakulasi dini sekunder.
  • Pria mengalami ejakulasi yang terus-menerus dengan rangsangan yang minimal sebelumnya atau sesaat setelah penetrasi.
  • Pria akan mengalami gejala ejakulasi ini setelah sebelumnya mengalami kepuasan tanpa masalah.
  • Pria akan mengalami konsistensi negatif dalam hubungan seksual.

Penyebab ejakulasi dini pada pria

Penyebab psikologis. Beberapa ahli medis yakin jika pengalaman seksual yang negatif dari pria bisa menentukan pola pikir, sehingga berpengaruh pada ejakulasi. Penyebab psikologis lainnya adalah perasaan gelisah dan masalah dalam berhubungan intim.

  1. Penyebab biologis. Beberapa faktor penyebab ejakulasi dini dari sudut pandang biologis antara lain tidak normalnya kadar zat kimia pada otak, tidak normalnya kadar hormon, tidak normalnya aktifitas refleks dari sistem ejakulasi dalam tubuh, mengalami masalah tiroid tertentu, mengalami pembengkakan atau infeksi prostat, serta faktor keturunan.
  2. Penyebab langka pada ejakulasi. Selain faktor psikologis dan biologis, penyebab ejakulasi dini juga bisa muncul dari faktor lain. Faktor yang dimaksud antara lain terjadinya kerusakan pada sistem syaraf akibat trauma atau operasi, mengkonsumsi narkotik, hingga berhenti dari pengkonsumsian obat yang diistilahkan trifluoperazine yang biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada kesehatan mental.

Komunikasi dapat mencegah munculnya ejakulasi dini

Beberapa kasus menunjukan jika ejakulasi dini bisa diakibatkan oleh lemahnya komunikasi antara suami istri, sehingga memunculkan kesalahpahaman dalam berhubungan seksual. Misalnya saja ketika wanita memerlukan rangsangan yang lebih lama untuk mencapai orgasme, dari pada pria.

Dari perbedaan tersebut, akhirnya mengakibatkan kecenderungan menambah tekanan ketika berhubungan seksual. Padahal bagi kebanyakan pria, tekanan ketika berhubungan seksual dapat meningkatkan risiko munculnya ejakulasi dini.

Alhasil dalam pencegahan munculnya ejakulasi dini, suami istri perlu membuka komunikasi. Dari komunikasi tersebut kelak akan membantu kedua pasangan untuk mencapai kepuasan, bisa membantu dalam mengatasi konflik, sekaligus menciptakan nuansa keharmonisan dalam keluarga. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here