Mengenal Penyakit Kanker Otak dan Penderita Kanker Otak di Indonesia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Siapa yang tidak tahu penyakit kanker, suatu penyakit yang menakutkan bukan?. Banyak sekali jenis kanker diantaranya kanker serviks, kanker payudara, kanker kulit dan banyak lagi. Untuk pembahasan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang kanker otak dan bahayanya karena dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

Penderita kanker di indonesia sangat meningkat mengapa?

Penderita kanker di Indonesia setiap tahunnya meningkat dan selalu bertambah dengan perbandingan antara penderita yang dialami pria maupun wanita sama denagn 3:2.  Untuk dapat mengenal kanker otak yaitu suatu penyakit yang menyerang bagian otak dimana penderitanya mengalami penurunan produktivitas sehingga dapat menghilangkan nyawa.

Pengertian kanker otak

Kanker otak sendiri adalah tumor ganas yang dapat menyebar dengan cepat ke bagian lain dari otak dan tulang belakang. Dan perlu anda ketahui bahwa tidak semua tumor otak bersifat ganas dan dikategorikan sebagai kanker. Ada beberapa jenis tumor yang bersifat jinak, tumor otak jinak adalah sekumpulan sel-sel otak yang tumbuh perlahan dan tidak akan menyebar ke bagian belakang lainnya. Tumor otak sendiri adalah pertumbuhan sel-sel yang tidak wajar dan tidak terkendalikan. Pada otak tumor dapat berkembang dari sel yang dapat menyusun jaringan otak, dari saraf yang keluar dan masuk pada otak oleh karena itu selaput perlindungan otak dan saraf tulang belakang.

Baca Juga : Hal-hal yang Memicu Munculnya Kanker Otak

Menurut asalnya, tumor otak terbagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Tumor otak primer adalah tumor yang akan muncul pada otak sedangkan tumor otak sekunder adalah tumor yang berasal dari bagian tubuh lain namun akan menyebarkan ke bagian otak lainnya. Jika kebanyakan kasus kanker otak merupakan jenis kanker otak sekunder yaitu dimana kanker berawal dari organ tubuh lainnya kemudian menyebar kebagian otak. Jika dilihat dari tingkatannya perkembangan kanker sekunder itu lebih cepat pertumbuhan maupun penyebarannya. Keganasan tumor ini dapat dibagi menjadi 4 tingkatan yaitu :

  • Stadium 1 dan 2

Umunya bersifat lebih jinak

  • Stadium 3 dan 4

Dan ini biasanya sudah masuk ke ganas, dan bisa disebut sebagai kanker yang mematikan.

Penderita kanker di indonesia menurut WHO tahun 2012 adalah sekitar 4900 kasus. Cukup besar bukan? jika dilihat dari jenis kelaminnya, maka pengidap kanker otak berjenis kelamin pria sedikit lebih banyak di bandingkan wanita. Karena penyakit ini juga dapat disebebkan oleh faktor genetik seperti neurofibromatosis (penyakit genetik yang menyebabkan tumor tumbuh pada saraf)

Untuk prevalensi penyakit kanker di Indonesia ini memiliki presentasi sekitar 1,4 per seribu penduduk sama dengan 330 ribu orang. Dengan rincian menurut provinsi dan posisi yang paling tinggi yaitu di daerah Yogyakarta sekitar 4,1%, lalu di Jawa Tengah 2,1%, di ikuti dengan Bali 2% dan di DKI jakarta serta Bengkulu 1,9%.

Baca Juga : Penanganan dan Pengobatan kanker Otak

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here