Apa Saja Perawatan Alami untuk Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hiperigmentasi pada kulit ini bisa berupa spot atau flek hitam, bercak-bercak hitam, kulit belang atau tidak rata dan pigmentasi kulit ini bisa terjadi terutama pada wajah, walaupun bisa saja pada area kulit lain. Hiperpigmentasi disebabkan oleh kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, fluktuasi hormon, jerawat dan peradangan. Anda bisa mengatasi hiperpigmentasi kulit secara alami dengan bantuan beberapa perawatan rumahan yang sederhana dan mudah, yaitu:

  1. Lemon dan mentimun

Lemon dan mentimun juga memiliki manfaat dapat mencerahkan segala bentuk pigmentasi kulit sepeti flek hitam, belang, warna gelap diwajah dengan efektif. Bahan tersebut juga membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Cara pemakaiannya, pastikan wajah anda sudah bersih dan terapkan irisan lemon atau mentimun dan gosokkan secara lembut pada area pigmentasi kulit. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

  1. Cuka sari apel

Cuka membantu dalam mencerahkan dan mengurangi efek hiperpigmentasi pada kulit. Cuka untuk mengobati hiperpigmentasi kulit anda. Caranya encerkan dengan jumlah yang sama dari air dan mencuci muka secara teratur dengan air ini dan jangan dibilas. Keasaman akan membuatnya menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit dan mencerahkan kulit anda.

Baca Juga : Hiperpigmentasi saat Hamil

  1. Kunyit

Kunyit memiliki sifat pemutihan yang dapat membantu menyingkirkan gejala kulit yang hiperpigmentasi dan kunyit dapat menjaga kulit bebas dari infeksi. Caranya campurkan satu sendok teh masing-masing bubuk kunyit dan jus lemon. Oleskan pada daerah yang terkena. Diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Hindari pergi keluar di bawah sinar matahari selama satu jam setelah melakukan perawatan ini. Lakukan sekali sehari sebelum mandi untuk memaksimalkan hasil.

  1. Alpukat dan susu

Susu mengandung asam lemak tak jenuh dan kandungan vitamin E dalam alpukat menjadi obat mujarab untuk mengatasi hiperpigmentasi. Masukkan 2 sdm pasta alpukat (alpukat yang dihaluskan) dan 1 sdm susu ke dalam mangkuk kecil dan aduk hingga merata. Oleskan masker ini pada wajah secara rutin setiap hari. Bilas setelah didiamkan 15-20 menit.

  1. Kentang

Kentang mentah bekerja sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit hiperpigmentasi serta bintik dan noda lain pada kulit. Kentang mengandung catecholase, enzim yang dipercaya membantu mencerahkan warna kulit.

Cara pemakaiannya kupas kentang dan potong menjadi irisan-irisan tebal. Masukan beberapa tetes air pada permukaan sepotong kentang dan kemudian gosokkan pada kulitmu selama lima sampai 10 menit. Lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Lakukan tiga atau empat kali sehari selama setidaknya satu bulan.

  1. Pepaya

Pepaya yang banyak ditanam dipekarangan rumah juga memiliki manfaat yang baik untuk mencerahkan dan mengatasi hiperpigmentasi kulit. Enzim papain dalam pepaya membantu dalam mempercepat pengelupasan kulit mati (scrubing). Caranya seperti penggunaan kentang, mentimun, lemon dan efeknya juga sama yaitu membantu mempercepat pengelupasan dan membantu mengurangi dan akhirnya menghilangkan tanda berpigmen. Gunakan pepaya yang masih mentah karena mengandung enzim papain lebih banyak. (KKM)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here