Cara Mengatasi dan Menangani Hiperpigmentasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hiperpigmentasi adalah hilang atau berkurangnya warna kulit tubuh manusia. Kondisi semacam ini bisa disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari menurunnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (sel pewarna kulit).

Perlu diketahui, kulit manusia mengandung sel melanosit yang memproduksi melanin, yaitu sebuah zat kimia yang memberi warna pada kulit manusia. Namun, jikaterlalu banyak melanin dalam tubuh justru dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit contohnya adalah muncul bintik-bintik hitam pada kulit.

Kondisi hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari secara langsung, trauma pada kulit atau efek samping akibat mengkonsumsi obat tertentu. Meskipun hiperpigmentasi bukan masalah medis serius, Anda mungkin ingin mengetahui cara mengatasi dan menangani hiperpigmentasi ini, khususnya untuk kecantikan anda. Nah, berikut ini adalah cara mengatasi dan menangani hiperpigmentasi.

Baca Juga : Mencegah Hiperpigmentasi

  1. Mintalah resep obat luar dari dokter.

Untuk mengatasi hiperpigmentasi, anda bisa menggunakan obat luar atau krim pencerah kulit yang mengandung retinoids dan alpha hydroxy acid (AHAs), memiliki sifat mengelupas dan meremajakan kulit. Hal ini sangat membantu untuk mengobati berbagai jenis hiperpigmentasi. Anda bisa memilih jenis-jenis obat ini (tentu dengan resep dokter) Hydroquinone, Kojic acid, Azelaic acid dan Mandelic acid.

  1. Pertimbangkan untuk mendapatkan prosedur tanpa bedah

Jika pengobatan luar tidak berhasil untuk mengatasi kondisi hiperpigmentasi, dokter anda mungkin akan menyarankan sebuah prosedur untuk menangani masalah pada kulit Anda. Prosedur yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Dengan cara pengelupasan kulit, yakni untuk mengobati area kulit gelap. Pengelupasan kulit ini dilakukan jika pengobatan luar gagal.
  • Terapi Intense Pulsed Light (IPL). Sasarannya terapi ini hanya dilakukan pada titik kulit yang gelap saja. Untuk prosedur ini, harus dilakukan oleh tenaga medis ya profesional.
  1. Melalui perawatan mikrodermabrasi

Untuk melakukan perawatan ini, anda bisa mengunjungi salon yang bisa melakukan mikrodermabrasi. Cara ini merupakan pilihan yang sangat populer yang digunakan banyak orang untuk mengatasi hiperpigmentasi. Carilah praktisi perawatan mikrodermabrasi yang berpengalaman. Karena apabila terjadi kesalahan dalam metode ini, seperti melukai kulit justru dapat menyebabkan iritasi, sehingga mengakibatkan perbedaan warna semakin buruk. Sebaiknya anda tidak  terlalu sering melakukan perawatan mikrodermabrasi, karena kulit Anda butuh waktu untuk memulihkan diri setelah menjalani perawatan.

  1. Obati dengan obat dari apotek

Jika Anda ingin mengobati hiperpigmentasi tanpa harus menggunakan resep dokter, anda bisa membeli obat-obat yang tersedia di apotek dan tentu yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

  1. Membuat obat sendiri di rumah

Terakhir, untuk mengatasi hiperpigmentasi, anda juga bisa membuat obat sendiri di rumah. Caranya oleskan bahan berikut ini untuk membantu mencerahkan kulit tubuh anda yang gelap. Berikut bahan-bahannya: Minyak rosehip, Irisan mentimun atau jus mentimun, Jus lemon, dan lidah buaya. (AGT)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here